Perkembangan Konvergensi Media Di Indonesia Maupun Negara lain

Aufa Sjrna 12:43 AM




Perkembangan konvergensi media merupakan perkembangan yang didasari oleh perkembangan teknologi dalam menyokong kemudahan proses komunikasi.Konvergensi sendiri sebenarnya sudah lama terjadi, dari tulisan di batu lalu berubah menjadi daun, lalu kertas, kemudian ditemukan sinyal radio dan televisi dan saat ini internet. Semua peristiwa konvergensi media terjadi dikarenakan adanya teknologi baru yang lebih baik dan efisien dalam menyampaikan pesan.(Source Jurnal UI)  

Konvergensi media dan kemajuan teknologi digital mengarah pada bentuk-bentuk yang dikenal sebagai komunikasi multimedia. Multimedia atau dikenal juga sebagai media campuran, merupakan medium yang mengintegrasikan dua bentuk komunikasi atau lebih.

Di media, konvergensi mengarah pada bentuk-bentuk yang sudah dikenal Sebagai komunikasi multimedia. Multimedia atau juga dikenal sebagai Media campuran, biasanya diartikan sebagai media Integrasikan dua atau lebih bentuk komunikasi. Dalam definisi itu Secara garis besar, maka sebagian besar media cetak diklasifikasikan menurut bentuk-bentuk berikut ini Multimedia, karena semuanya digabungkan Teks, foto dan grafik ditampilkan pada media kertas. (Source Jurnal UAD)

Konvergensi media merupakan kondisi yang tidak dapat dihindarkan dalam industri media, meskipun dapat dihindari, industri media tidak akan mengalami kemajuan atau kemajuan. Bahkan jatuh. Dalam konvergensi media, industri media dituntut memiliki banyak media (tidak terbatas pada satu media) Dapat menjalankan bentuk multi platform. Format ini memberikan keuntungan Dampaknya pada industri media, karena segala bentuk media bisa menutupi kekurangannya Dimiliki oleh media lain. Seperti cuplikan berita di TV Deskripsi lengkap dari data yang dikirimkan melalui siaran atau online atau trailer Surat kabar yang akan diterbitkan dapat disediakan melalui Internet, TV atau radio.

Media konvergensi dicetuskan oleh Nicholas Negroponte pada tahun 1978. Negroponte menyebutkan bahwa media konvergensi merupakan sebuah perangkat modern yang dikolaborasikan dengan adanya teknologi-teknologi baru, media sosial, serta internet yang dapat membentuk suatu struktur dasar dari konvergensi media yang menyatukan tiga C, communication (komunikasi), computing (komputasi), dan content (konten) yang diakibatkan secara langsung dari adanya konten digital yang marak digunakan oleh penggunaan media internet.(Kompasiana.com)  

Banyak keuntungan yang dibawa dari adanya media konvergensi ini, terlebih dalam era digital seperti sekarang yang notabennya sangatlah menjunjung tinggi penggunaan media konvergensi dari pada penggunaan media konvensional, terlebih lagi menyasar pada generasi muda. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga bahwa orang yang telah berumur juga dapat menggunakan media ini. Keuntungan yang sangat terlihat jelas adalah tersedianya berita instan yang dapat diakses oleh kapan dan dimana saja melalui jaringan internet.

            Konvergensi media massa di Indonesia Ada tiga tipe umum merger dalam industri media, yaitu merger horisontal, merger vertikal dan conglomerate merger.

1. Merger horisontal terjadi ketika perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam industri dan pasar yang sama bersatu. 

2. Merger vertikal terjadi ketika dua atau lebih perusahaan yang berbeda tingkat produksinya bersatu 

3. Conglomerate merger terjadi ketika perusahaan yang berbeda jenisnya bersatu.( Kompasiana.com)

Di Indonesia sendiri,Konvergensi media sudah tidak terdengar asing.Sudah banyaknya media-media yang melakukan konvergensi untuk melakukan persaingan dengan kompetitornya.karena perkembangan teknologi-lah mengharuskan media melakukan konvergensi secepat mungkin, jika tidak melakukannya media itu akan mengalami kemunduran dan bisa mengakibatkan kebangkrutan.

Di indonesia, masyarakatnya rata-rata menggunakan gadget smartphone,bahkan saat ini sebagian masyarakat indonesia sudah tidak membeli surat kabar.Saat ini sudah mengalih  ke media online, misalnya dahulu harus membeli surat kabar sekarang hanya dengan mencari di internet berita akan muncul dengan sendirinya.karena konvergensi media itulah masyarakat sangat termudahi.meskipun begitu orang tua kita masih membutuhkan surat kabar cetak, jika media cetak melakukan konvergensi ke online berarti tidak memproduksi cetaknya otomatis kelemahan itulah yang terjadi jika melakukan konvergensi.

Tetapi platform yang dibuat media yang melakukan konvergensi belum cukup baik karena platform itu belum interaktif oleh penggunanya, beberapa platform masih memiliki kelamahan mulai dari website yang lemot, UI/UX yang membuat bingung penggunanya,dan banyak lainnya.

Pada akhirnya konvergensi yang terjadi hanya sebatas perubahan bentuk media penyalurnya saja. Sebuah media hadir melalui kanal-kanal yang ada dan bergerak sendiri-sendiri tanpa memaksimalkan sifat kanal yang ada.Bentuk daring hanya memberikan dalam bentuk teks atau untuk media siaran menyediakan streaming video yang sama persis dengan apa yang dipasarkan melalui televisi. Tidak ada perbedaan jika seseorang menyaksikan melalui televisi ataupun melalui internet

Akibat dari media yang tidak saling terkait ini menjadikan setiap media berlomba-lomba dengan bentuknya masing-masing.Media daring yang ada saat ini hanya berfokus pada sifatya yang paling cepat untuk menyampaikan sebuah berita. Kecepatan menjadi ciri khas media daring yang paling utama.Akhirnya berita yang disampaikan oleh media daring banyak berupa berita-berita pendek tanpa ada ulasan.

Selain itu dalam proses konvergensi media di indonesia tidak memiliki perbedaan dengan yang ada di amerika. Budaya akusisi akan menjadi peristiwa tersendiri yang selalu ada dalam konvergensi.

Yang Saya baca-baca Perkembangan Konvergensi media di negara lain tidak jauh beda dengan konvergensi media di indonesia.


Contoh Kasus Konvergensi Media



MNC Group dahulu memiliki media cetak yang tidak asing didengar pada masanya,yaitu Koran Sindo atau sebelumnya memiliki nama Harian Seputar Indonesia. Kemudian Perkembangan Teknologi melakukan konvergensi pada 4 juli 2012 Koran Sindo merambah ke dunia internet dengan nama SINDONEWS.com.

MNC Group juga memiliki tabloid dan majalah dengan nama MNI Global dan MNI Enterrainment. Selain melalui tabloid,majalah, dan portal berita cetak maupun online. MNC Group memiliki media penyiaran yaitu; RCTI,MNCTV,GTV,dan iNews.

Bahkan juga MNC Group membentuk FTV yaitu MNC Picture pernah laku di 2013-2016 dan di bidang animasi MNC Animation.

dan Konvergensi yang terbaru dari MNC Group tentang aplikasi RCTI+

Pada tahun 2020 MNC GROUP juga menerbitkan aplikasi android/ios yaitu RCTI+ yang bertujuan untuk penonton setia RCTI bisa melakukan streaming,clip,dll. Dari diterbitnya RCTI+ penonton setia RCTI tak perlu repot-repot lagi harus mencari youtube.karena semuanya sudah tersedia di aplikasi RCTI+,karena konvergensi semuanya di permudah.

Karena perkembangan zamanlah membuat perusahaan-perusahaan melakukan konvergensi secara besar-besaran untuk melakukan saingan kepada kompetitornya.


Nama : Muklas Sirajudin Aufa

Nim : 1864190118

Mata Kuliah : Komunikasi Digital

Dosen : Bu Woro


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »